Bahan Ripstop

Bahan Kain Ripstop – Mungkin bagi sebagian orang istilah bahan kain Ripstop, atau ada juga yang menyebutnya kain Ripstok masih terdengar asing. Sebagai gambaran, coba bayangkan sepatu convers dan peralatan berkemah seperti tenda. Nah biasanya kedua barang itu menggunakan kain Ripstop.

Ternyata di sekitar kita banyak sekali produk yang menggunakan bahan kain Ripstop, karena memang banyak kelebihan yang membuat bahan kain ini dipilih terutama untuk produk yang terkait dengan aktivitas outdoor.

Jika anda membutuhkan informasi mengenai bahan kain yang kuat, maka Ripstop bisa menjadi salah satu alternatif untuk digunakan. Untuk lebih jelas lagi mari kita simak penjelasan lebih lengkap mengenai bahan kain Ripstop di bawah ini.

Tentang Bahan Kain Ripstop

Kain Ripstop masih termasuk jenis kain parasut, merupakan bahan yang memiliki tekstur rajutan berbentuk kotak-kotak di kedua sisinya baik bagian permukaan ataupun bagian dalam, sehingga terkesan 3 dimensi karena ciri khas Kain Ripstop ini adalah tonjolan benang berbentuk kotak-kotak.

Kain Ripstop terbuat dari tenunan benang nilon yang ditenun dengan teknik diperkuat secara khusus. Proses tenun yang dilakukan adalah dengan mengaplikasikan benang tebal untuk dijalin dengan kain yang tipis. Hal inilah yang membuatnya kuat sehingga tidak mudah robek. Dengan jalinan yang kuat pun menjadikan kain ini kokoh dan tidak mudah terbakar.

Material yang digunakan dalam membuat kain Ripstop diantaranya adalah kapas, sutera, polyester, plypropylene, dan nilon dengan komposisi yang terbatas pada garis silang yang membentuk tekstur kotak-kotak. Dengan kandungan material tersebut membuat kain Ripstop ini tahan/ kedap air.

Baca juga artikel kami tentang “Bahan kain japan drill

Konveksi Baju Bandung

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Kain Ripstop

Diatas telah disinggung secara singkat tentang kelebihan-kelebihan bahan kain ripstop. Pada bagian ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang kelebihan dan kekurangannya secara lebih terperinci.

Kelebihan yang pertama, dengan tenunan yang khusus melalui jalinan yang kuat, membuat kain Ripstop tidak mudah robek dan merobek. Maksudnya adalah, ada kalanya kita tidak bisa menghindari pakaian dari goresan benda tajam sehingga membentuk robekan dan kadang lama kelamaan semakin melebar. Kain Ripstop ini memiliki keunggulan untuk menjaga robekan agar tidak semakin melebar.

Selain itu, melalui material yang membangun bahan Ripstop ini, disertai tambahan nilon pada bagian crosshatch/ garis silang yang membentuk kotak-kotak, maka air akan sulit untuk masuk. Ini sangat membantu saat pakaian terkena tetesan air maka air tersebut tidak akan melebar kemana-mana.

Namun, memang terdapat kekurangan dari bahan kain Ripstop ini adalah agak kaku saat dipegang. Meski begitu, anda tidak perlu khawatir karena dengan adanya unsur kapas dan sutera, kadang ada juga yang ditambahkan katun membuat kain ini tetap terasa halus dan ringan sehingga tetap nyaman dipakai.

Rekomendasi Penggunaan Bahan Kain RIpstop

Dengan tekstur yang tebal dan kuat serta cukup tahan terhadap air, maka bahan Ripstop ini sangat cocok digunakan dalam menunjang kegiatan-kegiatan dan pekerjaan-pekerjaan di luar lapangan.

Sebagai contoh, bahan kain Ripstop biasa dipakai untuk pembuatan seragam tentara, kemeja kampus atau komunitas, ransel, tas sekolah, koper, sarung koper, tas militer, tas pendaki (backpacker), topi, jaket, hammock, dan lain-lain.

Konveksi Baju Bandung

Demikian ulasan tentang bahan kain Ripstop, semoga artikel ini bisa menambah wawasan sehingga memudahkan dalam memilih kain untuk kebutuhan pakaian yang akan anda pesan.

Jika masih memerlukan informasi tambahan atau ingin produksi/ konsultasi mengenali pakaian berbahan Ripstop, silahkan hubungi customer service yang tertera di website Mitra Konveksi Bandung.

Terima kasih dan sukses selalu untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *