Macam-Macam Jenis Bahan Kain Baju Seragam

Macam Jenis Bahan Baju Seragam

Jenis Bahan Seragam – Baju seragam merupakan salah satu jenis produk yang paling sering Mitra Konveksi kerjakan, dan tentunya seragam memiliki banyak jenis dan modelnya berdasarkan kegunaan dari baju seragam itu sendiri.

Setiap jenis dan model baju seragam tentu memiliki jenis bahan yang cocok untuk digunakan, perbedaan karakteristik bahan disesuaikan dengan seperti apa dan untuk pekerjaan seperti apa seragam tersebut digunakan.

Untuk itu agar Anda tidak salah pilih dan tepat dalam memilih bahan seragam yang akan dipakai, pada artikel ini akan dibahas tentang macam-macam jenis bahan baju seragam lengkap dengan penjelasan dan rekomendasi penggunaanya.

Baca juga artikel kami tentang “Macam-macam jenis bahan jaket

Pengenalan Awal Macam Jenis Bahan Seragam

Ada banyak sekali jenis kain sebagai bahan utama pembuatan baju seragam, dan setiap jenis bahan kain memiliki karakteristik yang berbeda-beda serta memiliki campuran bahan dasar yang berbeda juga antara satu dengan yang lainnya.

Ada jenis bahan kain seragam yang tebal dan ada juga yang tipis, ada yang kasar ada juga yang lembut, ada yang kaku dan ada yang lentur serta berbagai jenis karakter lainnya yang dimiliki oleh jenis-jenis bahan kain tersebut.

Tidak semua jenis seragam harus berbahan lentur dan tebal, karena pada dasarnya penggunaan jenis bahan kain itu di cocokan dengan kegunaan seragam, jenis perusahaan, medan kerja dan aspek lainnya yang berhubungan dengan baju seragam tersebut.

Mari disimak lebih cermat tentang jenis bahan kain seragam agar tidak salah dalam menentukannya.

Macam-Macam Jenis Bahan Kain Baju Seragam

Berikut adalah jenis kain yang cocok dan biasa digunakan untuk pembuatan baju seragam :

  1. Bahan Kain American Drill

Bahan American Drill merupakan jenis kain yang berbahan dasar antara campuran polyster dan viscose sehingga membuatnya kokoh dan terlihat sedikit mengkilap, bahan jenis ini memiliki ciri khas pada tekstur rajutanya yang miring/ diagonal.

Kerapatan benang pada bahan jenis ini cukup rapat menjadikan bahan American Drill ini memiliki daya serap keringan yang cukup baik dan termasuk kedalam salah satu jenis kain yang memiliki daya tahan yang baik.

American Drill merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan di tempat kami, karena memiliki kualitas yang sangat baik dan ditambah dengan harga yang relatif terjangkau sehingga hampir semua kalangan suka menggunakan bahan ini.

Rekomendasi Penggunaan : baju seragam kerja, seragam kantor, baju seragam perusahaan, kemeja baju seragam lapangan, baju seragam instansi, baju komunitas, jas almamater kampus, kemeja almamater, kemeja tactical dan celana seragam lapangan.

  1. Bahan Kain Japan Drill

Bahan Kain Japan Drill merupakan jenis bahan yang memiliki bahan dasar campuran antara katun dan polyster menghasilkan tekstur permukaan yang cukup lembut dan memiliki daya serap keringat atau air yang sangat baik.

Bahan jenis ini cenderung terasa agak tebal namun tetap nyaman dan adem saat digunakan karena memiliki campuran bahan dasar katun di dalamnya, dari segi komposisinya pun lebih banyak katun ketimbang polysternya.

Bahan Japan Drill memiliki kualitas yang sangat baik dan tidak mengalami penyusutan setelah berkali-kali digunakan dan dicuci, menjadikan bahan ini sebagai favorit konsumen dalam pembuatan baju seragam.

Rekomendasi Penggunaan : baju seragam kantor, baju kerja lapangan, baju almamater kampus, seragam kerja, seragam perusahaan, seragam instansi, celana formal dan baju seragam bank.

Konveksi Baju Bandung
  1. Bahan Kain Tropical

Bahan dasar untuk Kain Tropical adalah campuran antara katun dengan polyster, dimana bahan katuun lebih besar komposisinya dibanding dengan polyster, sehingga menghasilkan bahan yang lembut di bagian luar dan dalam.

Karakter dari jenis bahan ini cukup fleksibel/ lentur dan dingin ketika digunakan, menjadikan bahan ini sangat nyaman digunakan untuk kegiatan pekerjaan diluar maupun di dalam ruangan.

Rekomendasi Penggunaan : baju seragam perusahaan, seragam eksekutif, seragam karyawan, seragam SPG/SPB, baju seragam PDH dan seragam kantor.

  1. Bahan Kain Ripstop

Bahan jenis ini memiliki keunikan dari segi tekstur, yaitu memiliki permukaan yang 3 dimensi dimana ada benang yang ditenun di atas kain yang membentuk pola kotak, sehingga memiliki kesan agak kasar ketika dipegang permukaanya.

Walaupun kasar di bagian luar, bahan ini tetap lembut di bagian dalam dan nyaman untuk digunakan, dan dari segi ketahanan bahan ini memiliki daya tahan yang kuat dan tidak mudah robek atau koyak.

Rekomendasi Penggunaan : baju lapangan, baju seragam teknik, kemeja outdoor, celana tactical, baju PDL dan celana PDL.

  1. Bahan Kain Kanvas

Bahan Kain Kanvas merupakan jenis bahan yang berbahan dasar antara campuran katun dan linen, bahan jenis ini memiliki permukaan yang agak kasar dan memiliki ruas tenun yang terlihat tidak terlalu rapat.

Tekstur bahan kanvas ini cenderung agak kaku dan lumayan nyaman digunakan namun bahan jenis ini memiliki daya tahan yang sangat baik dan tidak mudah robek.

Rekomendasi Penggunaan : baju seragam lapangan, baju kemeja outdoor, baju kemeja tactical, dan baju seragam teknik.

  1. Bahan Kain Oxford

Bahan Kain Oxford memiliki bahan dasar antara campuran katun dengan teteron, sehingga menghasilkan tekstur yang lembut ketika dipegang dan cukup nyaman ketika digunakan.

Kain jenis ini memiliki permukaan yang rata karena tipe rajutanya yang menyilang sehingga terlihat seperti perpaduan titik-titik pixel seperti pada resolus di suatu gambar, dan kain ini pun memiliki tingkat ketebalan yang cenderung terlihat agak tipis.

Rekomendasi Penggunaan : baju seragam pegawai pabrik, baju seragam kantor, kemeja kasual, baju seragam sekolah dan kemeja formal.

  1. Bahan Kain Katun

Bahan Katun sendiri merupakan kain yang terbuat dari kapas, sehingga jenis kain ini sangat lembut permukaan luarnya dan lembut juga di bagian dalamnya, karena berbahan dasar kapas menjadikan kain ini memiliki daya serap air/ keringat yang sangat baik.

Selain memiliki daya serap yang tinggi, kain ini sangat nyaman digunakan disegala kondisi serta tidak panas saat dipakai, daya tahan kain katun pun cukup baik walaupun tidak sekuat jenis kain drill dan ripstop.

Rekomendasi Penggunaan : baju seragam kantor, seragam perusahaan, baju pegawai bank, baju seragam sekolah, kemeja kasual, kemeja formal dan baju seragam instansi.

Konveksi Baju Bandung
  1. Bahan Kain Hisofy Drill

Kain jenis ini merupakan salah satu kain dengan kualitas premium jika dibandingkan dengan jenis bahan kain drill lainnya, memiliki tekstur yang mirip dengan jenis bahan japan drill namun lebih lembut dan dingin ketika digunakan.

Bahan Hisofy sendiri memiliki komposisi bahan dasar antara campuran katun dan polyster dengan jumlah katun yang lebih banyak ketimbang polyster menjadikan kain ini sangat nyaman digunakan, namun jenis kain ini sangat terbatas pilihan warnanya.

Rekomendasi Penggunaan : baju seragam kantor, seragam perusahaan, baju kerja lapangan, baju seragam almamater, seragam instansi dan baju eksekutif.

  1. Bahan Kain Taipan Drill

Bahan Taipan Drill adalah jenis kain yang memiliki bahan dasar campuran antara 70% katun dengan 30% teteron sehingga tekstur dari bahan ini cenderung lentur dan tidak mudah kusut, selain itu jenis bahan ini memiliki permukaan yang halus.

Rekomendasi Penggunaan : baju seragam PNS, kemeja PDH, baju seragam kantor, baju seragam perusahaan dan seragam kerja.

  1. Bahan Kain High Twist

Ciri khas dari bahan ini adalah terlihat mengkilap dan rapih karena kain high twist terbuat dari bahan sintetis sehingga jenis bahan ini agak sedikit panas ketika digunakan dan daya serap keringatnya tidak terlalu baik.

Rekomendasi Penggunaan : baju seragam karyawan, seragam pabrik, seragam kerja lapangan dan baju seragam pegawai.

Jika disimpulkan dari keseluruhan macam-macam jenis bahan untuk pembuatan baju seragam, semuanya cenderung memiliki bahan dasar katun dan polyster, selain ini semua jenis bahan cukup nyaman untuk digunakan.

Pemilihan bahan tergantung dari selera, kebutuhan dan budget yang tersedia untuk pembuatan seragam, karena selain itu semua bahan-bahan tersebut sudah biasa dan sangat layak untuk dijadikan bahan pembuatan baju seragam.

Mitra Konveksi Baju Seragam Kerja

Kami merupakan konveksi yang mampu dan memiliki spesialisasi dalam mengerjakan produk baju seragam kerja, berbagai jenis dan model baju seragam untuk berbagai kebutuhan sudah pernah kami kerjakan.

Dari mulai model seragam yang memiliki tingkat kesulitan rendah dalam pengerjaanya sampai jenis model seragam yang memiliki tingkat kesulitan tinggi dalam proses pengerjaanya seperti baju seragam tambang dan sejenisnya.

Untuk itu Anda tidak perlu ragu dan bingung untuk mencari konveksi baju seragam yang profesional karena Anda sudah berada di tempat yang benar dan tepat.

Kami akan mengerjakan pesanan pembuatan baju seragam kerja Anda sesuai dengan desain dan bahan yang Anda tentukan sebelumnya, jika Anda masih bingung dan belum menentukan pilihan bisa segera menghubungi customer service kami.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan pengetahuan tentang macam-macam jenis bahan seragam.

Sukses untuk kita semua dan Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *