20 Macam Jenis Bahan Terbaik Kain Untuk Membuat Jaket

Macam Jenis Bahan Jaket

Macam Jenis Bahan Jaket – Jaket adalah baju luar yang panjangnya sampai pinggang atau pinggul, fungsinya untuk menghangatkan tubuh dan menahan angin saat cuaca dingin. Biasanya jaket memiliki bukaan depan berupa resleting atau kancing dari leher sampai ujung bawahnya, meski ada juga jaket yang dibuat tanpa bukaan depan.

Untuk bahan jaket bervariasi, mulai dari kain yang tipis, tebal, lentur, anti air, dan tahan angin, dan setiap jenis bahan dengan karakter tersebut memiliki kecocokan dengan jenis jaket itu sendiri, tergantung dari kegunaanya.

Pemilihan bahan yang cocok untuk pembuatan jaket sangat berpengaruh terhadap hasil produksi dari produk jaket itu sendiri, maka dari itu kita perlu mengetahui terlebih dahulu jenis bahan kain untuk pembuatan jaket.

Baca juga artikel kami tentang “Macam-macam jenis bahan Baju Seragam

Rekomendasi Pemilihan Jenis Bahan Jaket yang Bagus

Banyak sekali jenis kain yang bisa digunakan untuk membuat jaket dan karakteristiknya pun berbeda-beda. Hal pertama yang harus dilakukan saat akan membuat jaket adalah mengetahui kebutuhan dari penggunaan jaket tersebut. Hal ini dapat memudahkan Anda dalam memilih bahan jaket yang tepat.

Bahan jaket yang baik adalah bahan kain yang setidaknya memiliki kriteria dapat menahan panas sehingga membuat tubuh terasa hangat, kuat dan tidak mudah robek, awet, mudah dibersihkan, dan terasa ringan ketika digunakan.

Macam-Macam Jenis Bahan Kain Untuk Membuat Jaket

Berikut ini berbagai jenis bahan jaket yang biasanya dipakai untuk pembuatan jaket:

  1. Bahan Micro Fiber

Jaket yang dibuat dengan menggunakan micro fiber biasanya banyak dipakai untuk aktivitas outdoor, jaket lapangan, dan training olahraga. Bahan micro fiber terbuat dari benang polyester yang permukaannya dihaluskan sehingga cenderung tipis seperti parasut tapi lebih halus, tidak mudah kusut, lembut dan nyaman dipakai, tapi sangat kuat menahan angin.

  1. Bahan Micro Ripstop

Kain micro ripstop banyak digunakan untuk pembuatan seragam tentara, ransel, dan sarung koper. Bahan micro ripstop termasuk jenis kain parasut yang halus, lembut, dan ringan, dengan ciri utama tekstur berbentuk kotak-kotak yang terbuat dari benang sintetis diselingi benang lain yang ukurannya lebih besar. Kelebihan utama bahan micro ripstop adalah tidak mudah robek dan lebih tahan air.

  1. Bahan Micro Bintik / Micro Dobby

Bahan micro bintik cocok digunakan sebagai jaket olahraga, jaket team olahraga, dan jaket club. Bahan micro bintik termasuk jenis kain parasut dengan ciri utama tekstur bintik/ titik-titik di bagian permukaannya, lembut, dan ringan.

  1. Bahan Parasut

Kain parasut cocok untuk pembuatan jaket motor, jaket dealer motor, jaket winbreaker, dan jaket olahraga. Bahan parasur terbuat dari polyester yang memiliki karakteristik bahan yang sangat tipis, mudah kering, mudah dibersihkan, anti air, dan kedap angin. Kekurangan bahan parasut adalah tidak bisa menyerap keringat sehingga kurang cocok dipakai saat cuaca panas.

  1. Bahan Parasut Milky

Bahan kain parasut milky biasanya digunakan untuk membuat jaket olahraga, jaket windbreaker, windrunner, jaket outdoor, jaket bomber, dan jaket parasut lainnya. Jenis bahan parasut milky sama dengan bahan parasut dan kedap air. Namun, bahan ini lapisannya lebih tipis dan berisik bila permukaan kain saling bergesekan.

Konveksi Baju Bandung
  1. Bahan Taslan Salur

Jenis kain taslan terbuat dari benang sintetis dan polyester yang diberi lapisan coating tambahan, membuat bahan ini bersifat anti air dan tahan angin (walaupun tidak semua jenis bahan taslan anti air dan tahan angin).

Bahan Taslan mirip bahan parasut tapi lebih tebal, lembut, ringan, dan kuat. Bahan Taslan cocok digunakan untuk jaket motor, jaket varsity, jaket bomber, rompi, parka, atau jaket outdoor.  Jenis kain taslan sendiri bermacam-macam, salah satunya Kain taslan salur yang biasa digunakan untuk pembuatan jaket parka, jaket winderbreaker, jaket outdoor, dan jaket organisasi kampus.

  1. Bahan Taslan GN

Kain taslan GN cocok untuk pembuatan jaket bomber dan jaket parka. Bahan taslan GN bertekstur lembut tapi tahan air, kuat, mudah kering, dan mampu menyerap kelembaban sehingga tubuh tidak mudah berkeringat.

  1. Bahan Kain Despo

Jenis bahan despo bisa menjadi pilihan dalam pembuatan jaket motor, jaket outdoor atau touring, dan jaket windbreaker. Kain despo termasuk kategori bahan parasut, namun lebih tebal dibanding bahan jaket polyester (kandungan bahan parasut), terbuat dari campuran parasut dan cotton yang membuat kain ini halus, tidak panas saat terkena sengatan matahari, tetap hangat saat cuaca dingin, tidak kaku, serta anti air.

  1. Bahan Fleece PE/ CVC / Cotton

Kain Fleece biasanya digunakan untuk membuat jaket hoodie, jaket versity, sweater, jumper, dan jaket anak-anak. Bahan Fleece memiliki lapisan serat seperti kapas pada bagian dalam kain sehingga sifat bahannya hangat namun tidak panas dan nyaman dipakai.

Kain fleece sebenarnya memiliki beragam jenis, seperti fleece PE, fleece CVC, dan fleece cotton. Ketiga jenis kain fleece tersebut pada dasarnya memiliki karakteristik sama, namun komposisi bahan dasar penyusunannya sedikit berbeda.

  1. Bahan Baby Terry

Bahan baby terry biasa dipakai untuk pembuatan jaket hoodie, sweater, dan jaket untuk anak. Baby terry terbuat dari katun sehingga lembut, tebal tapi nyaman dan adem, agak berbulu, dan daya serap air tinggi.

Konveksi Baju Bandung
  1. Bahan Kain Adidas

Kain Adidas umum digunakan untuk pembuatan seragam olahraga karena identik dengan produk-produk pakaian olahraga merk Adidas. Jenis kain Adidas memiliki bahan yang bersifat ringan dan menyerap keringat meski tidak sebagus bahan kain dari cotton.

  1. Bahan Kain Diadora

Bahan diadora sangat cocok digunakan untuk jaket sporty, sweater, dan training olahraga. Bahan diadora hampir mirip dengan bahan fleece, namun bahan kain diadora lebih mengkilat ketika terkena sinar matahari sehingga menimbulkan kesan mewah meski harganya cukup ekonomis.

Dinamakan Diadora karena mempunyai kemiripan dengan bahan yang sering digunakan oleh perusahaan sport bernama Diadora untuk pembuatan produknya.

  1. Bahan Kain Lotto

Bahan lotto sering digunakan untuk pembuatan kaos olahraga team sepak bola. Jenis kain lotto memiliki ketebalan sama dengan bahan kain cotton. Tekstur saat dipegang lembut dan elastis, serta tidak mengkilat.

  1. Bahan Kain Drill

Bahan drill biasanya digunakan untuk pembuatan jaket army, jaket parka, jaket formal dan semi formal. Kain drill memiliki serat dengan garis-garis miring (nge-drill), dengan tekstur benang terlihat jelas. Bahan kain drill terbuat dari campuran cotton dan polyester yang tebal serta tidak dapat menyerap air dan panas.

  1. Bahan Kain Tropical

kain tropical sangat cocok digunakan untuk pembuatan seragam kantor, jas almamater, seragam kerja PNS, BUMN, dan perusahaan besar lainnya. Bahan kain tropical dibuat dari bahan katun dan polyester dengan perbandingan katun lebih besar, sehingga terasa adem saat dipakai.

Tekstur saat dipegang terasa tenunan halus, ketebalan cukup tepat, tekstur lentur dan nyaman dipakai, serta memiliki daya tahan warna yang awet dalam jangka waktu lama.

  1. Bahan Canvas

Bahan kanvas biasanya digunakan untuk pembuatan jaket bomber, jaket parka, jaket casual, jaket semi formal, jaket army, jaket lapangan pada pertambangan, dan jaket mendaki. Jenis kain kanvas memiliki tekstur tebal dan berat sehingga agak gerah saat dipakai. Namun, karena tebal maka dapat melindungi tubuh dari goresan batu atau benda lain.

  1. Bahan Kain High Twist/ H-Twist

Kain H-Twist (High Twist) banyak dipakai untuk membuat blazer, vest/ rompi, dan jaket parka. Bahan H-Twist terbuat dari polyester sehingga sifat kainnya memiliki permukaan yang halus, warna mengkilap, dan tidak mudah kusut. Kekurangan utama dari bahan H-Twist ini sifatnya panas dan tidak bisa menyerap air dengan baik.

  1. Bahan Twill

Bahan twill biasa juga disebut katun China, dapat digunakan untuk pembuatan jaket parka, jaket casual, jaket formal, jas, dan rompi, termasuk celana chinos. Kain twill ini mirip dengan kain drill yang breserat garis-garis miring. Bedanya, twill lentur (tingkat kelenturan berbeda-beda) dan lebih tebal dengan jalinan benang terbilang cukup kuat dan tahan lama.

  1. Bahan Kain Mayer

Kain mayer bisa digunakan untuk bagian dalam jaket, jaket casual, Bahan kain mayer termasuk bahan jenis parasut, lebih tipis dan lebih lembut dibanding taslan sehingga tidak kaku.

Keunggulan bahan mayer adalah banyak sekali pilihan warnanya dan water repellen/ tidak dapat ditembus air jika jumlah airnya tidak telalu banyak. Biasanya kain mayer ditambah busa/ dakron untuk menambah kesan tebal dan membuat efek hangat saat dibuat jaket.

  1. Bahan Jaket Polar

Bahan polar cocok digunakan untuk membuat jaket musim dingin, sweater, dan jaket anak-nak. Kain polar dibuat dari campuran serat viscose, cotton, polyester, dan serat sintetik lainnya. Tekstur kain seperti benang woll dengan teknik cabut sehingga menghasilkan alur tidak rata dan kadang terlihat menggumpal, sedikit kasar namun kuat, dan terasa hangat.

Konveksi Baju Bandung

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan tentang macam-macam jenis bahan jaket, semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan wawasan tambahan kepada kalian seputar bahan jaket.

Jika kalian masih bingung dalam menentukan jenis bahan apa yang akan digunakan untuk pembuatan jaket yang kalian inginkan, bisa langsung hubungi customer service kami yang selalu siap untuk melayani Anda.

Sukses untuk kita semua dan Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *